Berita Semarang

Ketua PB IDI Dr Moh. Adib Khumaidi Ditunjuk Jadi Ketua Asosiasi Kedokteran Se-ASEAN atau MASEAN

Tahun ini, Ketum PB IDI dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT., ditunjuk menjadi Ketua MASEAN.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo
Dok. PB IDI
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT., ditunjuk menjadi Ketua Medical Association of Southeast Asian Nations (MASEAN), perhimpunan kedokteran nasional dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tahun ini, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT., ditunjuk menjadi Ketua Medical Association of Southeast Asian Nations (MASEAN), perhimpunan kedokteran nasional dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Penyerahan amanat dari Ketua MASEAN sebelumnya, dr. Nguyen Thi Xuyen, dari Vietnam Medical Association kepada dr. Moh Adib dari Ikatan Dokter Indonesia atau Indonesian Medical Association.

Penyerahan tanggung jawab tersebut dilakukan bersamaan dengan pertemuan MASEAN yang bertajuk 'Health Sector Recovery After Pandemic' di Jakarta.

Dr. Moh Adib akan menjabat sebagai Ketua MASEAN hingga akhir 2024, sementara untuk Sekretaris Jendral (Sekjen) MASEAN dijabat oleh Dr. Ng Chew Lip dari Singapore Medical Association.

Dalam sambutannya sebagai Ketua MASEAN, dr. Moh Adib mengatakan MASEAN mengakui pentingnya ikatan yang lebih erat di antara perhimpunan kedokteran nasional.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT., ditunjuk menjadi Ketua Medical Association of Southeast Asian Nations (MASEAN), perhimpunan kedokteran nasional dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT., ditunjuk menjadi Ketua Medical Association of Southeast Asian Nations (MASEAN), perhimpunan kedokteran nasional dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). (Dok. PB IDI)

Pentingnya ikatan perhimpunan dokter nasional dalam membantu semua lapisan masyarakat di kawasan ASEAN untuk mencapai tingkat kesehatan setinggi mungkin, dan menyadari perlunya kerja sama dan upaya bersama dalam memelihara martabat dan standar profesi kedokteran.

"Kami juga mendorong studi dan penyebaran semua aspek pengetahuan medis, penyetaraan kompetensi, termasuk transfer pengetahuan," ujarnya, berdasarkan rilis yang diterima Tribun Jateng pada Rabu (8/2/2023).

Pertemuan sekaligus acara penyerahan mandat kepemimpinan ini mengambil Tema “Health Sector Recovery After Pandemic” menjadikan hubungan kesejawatan antara negara-negara ASEAN menjadi lebih kuat. Berbagai hal dibicarakan utamanya penguatan profesi dalam masa pemulihan pandemi.

Disampaikan oleh Dr. Ng Chew Lip, Sekjen MASEAN yang berasal dari Asosiasi Kedokteran SIngapura atau Singapore Medical Association bahwa pandemi virus corona telah menggarisbawahi pentingnya kolaborasi regional, melalui berbagi informasi dan praktik terbaik dalam pengelolaan ancaman bersama.

"Hal ini juga memberikan kesempatan untuk melihat ke dalam menemukan kembali peran asosiasi medis, seperti memberikan informasi medis yang andal dan tepat waktu,” kata Dr. Ng Chew Lip.

Acara penyerahan amanat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, drg Widyastuti, MKM, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Mayjen Pol. (Purn). Drs. H. Sidarto Danusubroto, S.H.

Mereka (dokter dan tenaga kesehatan) betul-betul pahlawan kemanusiaan, yang mengangkat bagaimana Covid-19 cepat teratasi di Indonesia, itu luar biasa termasuk yang terbaik.

Dengan kepemimpinan MASEAN pada dr. Adib dari IDI, diharapkan organisasi-organisasi dokter se-ASEAN bisa meningkatkan kerja sama.

"Ini saatnya lebih mempererat kerja sama para dokter ASEAN dalam rangka pertukaran pengetahuan, kerja sama dan sebagainya untuk mengatasi masalah kesehatan,” kata Sidarto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved