Berita Sragen

Awalnya Cuma Lihat 1 dan Ditinggal Tidur, Ternyata Ada Belasan Anak Kobra di Rumah Warga Sragen Ini

Tim Exalos Indonesia Regional Sragen menangkap belasan anak kobra dari rumah, Eko Ardiansah (35) di Sragen

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: muslimah
Istimewa
Proses pencarian ular kobra jawa di kediaman Eko Ardiansyah di Dukuh Jambu, Desa Jambangan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Tim Exalos Indonesia Regional Sragen menangkap belasan anak kobra dari rumah, Eko Ardiansah (35) di Dukuh Jambu, Desa Jambangan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen.

Lima orang dari tim Exalos regional Sragen berhasil menangkap delapan ekor ular kobra Jawa (Naja Sputatrix) pada Selasa (10/1/2023) dari pukul 13.30 hingga pukul 18.30 WIB.

Ketua Umum Exalos Indonesia, Janu Wahyu Widodo mengatakan sebelumnya pada Minggu malam (8/1/2023) Eko melihat ular melintas di depan rumah.

Tanpa mencurigai eko melanjutkan aktifitas dan tidur.

Namun pada esok harinya, Senin (9/1) pagi sampai malam dirinya menemukan tujuh ekor ular yang ternyata anakan kobra jawa.

Karena takut oleh tuan rumah beserta istri, Yuni ketujuh ular tersebut dibunuh.

Baca juga: Dua Pria dan Satu Wanita Diamankan Satpol PP di Dalam Hotel, Gugup Saat Dimintai Buku Nikah

Baca juga: Sambut Musim Giling, PT Gendhis Multi Manis Blora Targetkan 400.000 Ton Tebu Tergiling Tahun Ini

"Pada Selasa, pagi istri bapak Eko melaporkan ke salah satu anggota Exalos Sragen. Tim kami langsung ke lokasi sekira pukul 13:30 dan melakukan observasi lingkungan serta melakukan pencarian di seluruh rumah," kata Janu kepada Tribunjateng.com, Rabu (11/1/2023)

Janu mengatakan dua kamar yang tidak terpakai milik Eko menajdi tempat bersarangnya ular-ular itu.

Didalamnya berisi tumpukan barang dan harus memindahkan karena ditengarai munculnya ular.

Proses pencarian ular kobra jawa di kediaman Eko Ardiansyah di Dukuh Jambu, Desa Jambangan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen
Proses pencarian ular kobra jawa di kediaman Eko Ardiansyah di Dukuh Jambu, Desa Jambangan, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen (Istimewa/Exalos Indonesia)

Hingga pukul 18:30 WIB timnya berhasil menemukan delapan ekor anakan kobra jawa. Janu mengatakan, tidak hanya menangkap pihaknya juga melakukan edukasi singkat tentang pencegahan dan penanganan ular kecil.

"Usai menangkap kami juga melakukan edukasi singkat tentang pencegahan dan penanganan ular kecil kepada tuan rumah dan istri. Hasil rescue ini akan dikembalikan ke habitatnya," kaya Janu.

Kepada Tribunjateng.com, Janu juga memberikan tips mencegah ular masuk rumah diantaranya rutin membersihkan lingkungan, tutup lubang yang berpotensi untuk jalan masuk ular, tidak menumpuk barang yang bisa menjadi tempat bersembunyi ular.

Pangkas pohon yang menjulang ke genting atau jendela, berikan wewangian di sudut ruangan, tidak membunuh predator ular seperti biawak dan segera melapor Exalos Indonesia apabila ditemukan ular di rumah. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved